Share Sesuatu Yang Menarik Tentang Jepang

Kamis, 02 Oktober 2014

Jenis-Jenis Pedang Samurai

Konbanwa minna-san
ini post pertama saya mohon maaf kalo banyak kurang,silahkan membaca.

Banyak orang yang salah mengartikan tentang samurai yang dialamatkan untuk pedang dari jepang,Pedang samurai yg biasa kita kenal itu masuk ke kategori katana, yaitu pedang satu sisi, berukuran sedang, dan sedikit melengkung.
Panjang Pedang(Ken) diukur dengan satuan shaku dimana satu shaku itu sekitar 30 cm, beberapa jenis Ken dikelompokan berdasarkan panjang:




TANTO



Tanto masuk dalam kategori pisau,dengan panjang 25 cm biasanya digunakan untuk menusuk.Perempuan jepang jaman dulu terkadang membawa tanto di balik obi (ikat pinggang kimono) untuk perlindungan diri.

WAKIZASHI



Wakizashi merupakan jenis ken yang memiliki panjang antara 30-60cm.Biasanya digunakan sebagai pendamping katana atau secondary weapon para samurai jepang.


KODACHI


Lebih panjang dari wakizashi, tetapi lebih pendek dari katana.Biasa digunakan sebagai perisai dalam hand – to – hand combat (mirip fighting stylenya Aoshi dari Rurouni Kenshin), karena tidak sepanjang katana (kurang dari 2 shaku) maka tidak menyalahi aturan membawa pedang di zaman Edo sehingga boleh dibawa oleh orang biasa (dulu cuma samurai yg boleh bawa pedang).Pedangnya lebih melengkung dari wakizashi.

KATANA


             Nah ini yang namanya katana,yang biasa orang indo salah menyebut dengan samurai.Katana pada umumnya memiliki, panjang antara 70-80 cm, single-edge,dan melengkung. Selalu Dibawa oleh kaum samurai merepresentasikan status sosialnya,Juga banyak dibawa oleh Ninja. Biasanya dibawa berpasangan dengan wakizashi atau tanto, yang digunakan untuk close-quarter combat dimana katana digunakan untuk open-quarter combat.

TSURUGI



             Pedang yang tak serupa dengan jenis pedang yang lainnya.Pedang ini tidak melengkung tapi lurus seperti pedang korea. Tsurugi merupakan pedang tipe broadsword, lebih berat dibanding pedang yang lainnya. Sangat cocok digunakan untuk mengahadapi musuh bertameng maupun berarmor tebal.

CHOKUTO


            Sama seperti katana, hanya saja tidak melengkung tetapi lurus Ditemukan sebelum jaman Heian sebelum orang Jepang menemukan teknik melengkungkan pedang (yang ternyata unik caranya).Karena pedangnya lurus sulit digunakan dan jarang dipakai dalam pertempuran. Setelah ditemukannya katana, chokuto masih tetap diproduksi tetapi kebanyakan berfungsi sebagai ceremonial sword.

NINJATO
   Pedang para ninja, selain katana, ninjato merupakan pilihan para ninja.Ringkas dan ringan membuat pedang ini mudah untuk dimasukkan kedalam baju. Perbedaan mendasar antara katana dan ninja-to terletak pada sesainnya. Ninjato tidak melengkung seperti katana tetapi lurus.


NODACHI



             Nah pedang Yang Satu ini Kesukaan saya nih namanya nodachi yang pernah main Way of samurai ps2 pasti tau nih (^.^) Pedang yang sangat panjang.Merupakan pedang terpanjang dengan panjang hampir 80 cm. Pedang ini tidak cocok untuk close combat karena ribet dengan ukurannya. Pedang ini digunakan untuk membelah pasukan berkuda beserta kudanya. oh iya di serial manga Samurai deeper Kyo, ia juga menggunakan pedang tipe ini. Walaupun sebenarnya tidak cocok untuk close combat. Pembuatan pedang ini termasuk dalam kategori sulit, sehingga pedang ini merupakan pedang langka.

NAGAMAKI


             Pedang dengan panjang mata pedang dan gagang yang sama. Termasuk dalam katagori belati, Digunakan untuk serangan mendadak. Penggunaan pedang ini tidak seefisien Tanto. Tapi pedang ini memilki keindahan lebih.

NAGINATA


             Naginata merupakan tombak dengan mata pisau katana. Digunakan prajurit wanita pertarungan jarak menengah. Gagang dibuat dari kayu dan mata tombak katana melengkung. Sangat cocok untuk tipe pertempuran Chaos.

YARI


             Nah kayaknya ini yang terakhir deh XD.Yari merupakan tipe tombak. Berbeda dengan naginata, mata tombak dibuat lurus. Bentuk Lurus ini efektif digunakan menusuk musuh yang datang dari depan. Biasanya dipakai pria untuk mengahadang laju pasukan musuh.

HAHAHAHAH Gimana Keren kan XD Sebelum Selesai Saya Ingin Memberitahu Cara pembuatanya.

Ternyata cara tradisionalnya sangat rumit, gak cuma asal manasin besi, tang-teng-tong trus jadi. Di Jepang itu makenya baja kualitas tinggi, yg pertama kali dipanasin non-stop selama 3 hari, wow. . . :o Trus sampai disitukah kerumitannya? ternyata tidak, dalamnya ada 3 lapis, lapisan luar yg super keras, lapisan tengah yg agak keras, dan lapisan dalem yg lembut, sehingga menghasilkan pedang yg tajam, kuat, tetapi juga lentur sehingga tidak mudah bengkok. Proses penempaannya tiga jenis baja tersebut ditumpuk, ditempa, dan dilipat.


Ternyata pada awalnya Katana itu gak melengkung, tapi lurus, dan ternyata cara melengkunginnya unik banget. Tau kan pola mirip gelombang yg ada di mata pedang, nah disitu kuncinya. Pada proses pelengkungan, awalnya bagian mata pedang diolesi dengan arang, yg menyebkann panas tersimpan lebih lama. 

Nah setelah pengolesan, pedang dipanaskan lagi, trus pedang didinginkan secara cepat dengan cara dicelupkan ke air. Nah karena dioleskan dengan arang, bagian mata pedang akan dingin lebih lama, sedangkan bagian tumpulnya akan dingin lebih cepat sehingga akan menyusut lebih dulu yg mengakibatkan pedang akan melengkung ke arah bagian yg tumpul.

2 komentar:

  1. apa bedanya chokuto sama ninjato

    BalasHapus
  2. Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk umat saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang wanita Bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan di bulan DESEMBER 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM yang andal.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus